ERA BARU UNTUK BURNT

Xion Indonesia
3 min readJan 30, 2024

Sudah lama sejak terakhir kali kita berbicara.

PERJALANAN

Awalnya saya memulai Burnt setelah pembakaran Banksy untuk menciptakan ruang yang lebih baik bagi masa depan seni. Antara 2021 dan 2022 kami fokus pada pembuatan produk tanpa kode dan standar NFT awal untuk para kreator.

Dalam prosesnya, kami telah melihat secara langsung bagaimana industri ini terjebak dalam ruang gema — membangun untuk diri kita sendiri dan bukan untuk kepentingan dunia.

Meskipun ada pemain yang benar-benar mencoba mengubah pendekatan insular ini, efeknya masih terlihat di mana-mana:

Dari mengharapkan pengguna untuk mempelajari jargon kami, mengklik tautan ~benar~ hingga entah bagaimana memahami perbedaan antara proyek yang sah dan penipuan, kami masih menutup manfaat Web3 yang sangat nyata di balik UX yang mustahil.

Dan karena hampir semua modal telah diarahkan pada tingkat infrastruktur, inovasi sebagian besar untuk melayani para pembuat, bukan pengguna akhir. Lebih buruk lagi, industri ini belum menunjukkan kasus penggunaan Web3 yang berarti kepada dunia di luar apa yang pada dasarnya merupakan perjudian.

MENJAWAB KEBUTUHAN AKAN PARADIGMA BARU

Hasilnya adalah kami telah membangun penghalang, bukan jembatan — menjauhkan orang-orang yang nyata, sementara memungkinkan kami untuk merasa lebih unggul di menara gading.

Sebagai sebuah industri, kami ingin mendefinisikan ulang kepemilikan dan mendistribusikan kekuasaan kepada semua orang, namun kami justru menjadi elit yang ingin kami lawan.

Tidak ada pendefinisian ulang kepemilikan jika kita tidak menyentuh kebutuhan kritis atau memberikan akses yang memadai kepada mereka yang paling diuntungkan.

Saya bertanya kepada Anda, bagaimana kita dapat mendefinisikan kembali kepemilikan
jika hanya mereka yang sangat teknis yang memiliki akses?

Pertanyaan inilah yang melahirkan era baru bagi Burnt.

KEDATANGAN KEDUA BURNT

Hal pertama yang pertama: Seperti yang ditunjukkan oleh logo baru kami, Burnt Finance secara resmi berganti nama menjadi Burnt. Nama baru dan arahan visual kami menandakan komitmen kami untuk memperluas dampak Web3 di luar batas-batas DeFi.

Seiring dengan perubahan ini, visi perusahaan Burnt juga telah berevolusi.

Di atas segalanya, Burnt hadir untuk membangun kembali sistem kepemilikan yang rusak dengan cara apa pun yang diperlukan (baik itu teknologi, produk, pengalaman, kampanye gerilya, tindakan tanpa rasa takut, dll.).

Untuk itu, kami percaya bahwa Web3 sangat penting dalam upaya ini karena kemampuannya untuk menyeimbangkan kembali distribusi kekuasaan, agensi, dan kerja sama keuangan dalam skala besar.

BURNT BARU, BLOCKCHAIN BARU

Akhirnya, setelah satu tahun dalam pembuatan, kami mengungkapkan XION, rantai pertama yang dibuat khusus untuk diadopsi oleh konsumen.

Sebagai yang pertama dari jenisnya, XION dimaksudkan untuk menghilangkan hambatan teknis kripto bagi konsumen dengan perangkat yang mencakup fiat on/off landai tanpa hambatan, pembelian kartu kredit langsung, login Web2 yang sudah dikenal, abstraksi akun yang aman untuk dukungan seluler, dan biaya gas nol.

Pada intinya, XION memberi kita kemampuan untuk membentuk ekonomi ekosistem kita dari bawah ke atas; menyelaraskan insentif di setiap tingkat: dari infrastruktur, ke pengembang, dari produk ke kreator dan pengguna akhir.

Kami percaya bahwa setiap orang, terlepas dari pengetahuan teknisnya, harus dapat memiliki akses yang sama terhadap kepemilikan yang sebenarnya. XION adalah langkah pertama kami untuk mewujudkan masa depan tersebut.

APA YANG DIHARAPKAN

Selama beberapa minggu ke depan, kami akan meluncurkan lebih banyak informasi tentang XION, roadmap peluncurannya, dan proyek-proyek lain yang akan segera kami umumkan secara diam-diam. Ikuti kami di Twitter dan Discord untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai perjalanan kami ke depan.

Ini untuk abu yang akan kami ciptakan di sepanjang jalan.

Dengan Cinta,
Burnt Banksy

--

--